TUGAS E-LEARNING 1
PENGANTAR MANAJEMEN
Dosen Pengampu : Nonik Kusuma Ningrum, S.E., M.Sc
Nama : Putu Narbiyana
NIM : 2017008069
Kelas : 1 A 2
PRODI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA
TAMANSISWA
TAHUN 2017
HP (Hewlett-Packard)
Company
A. VISI
Hewlett-Packard
Untuk
melihat perubahan dalam pasar sebagai kesempatan untuk bertumbuh, untuk
menggunakan kemampuan yang dimiliki untuk mengembangkan dan menghasilkan
produk, jasa dan solusi inovatif sehingga dapat memenuhi kebutuhan yang muncul
dari pelanggan.
B. MISI
Hewlett-Packard
Untuk
menyediakan produk, layanan dan solusi dengan kualitas terbaik dan memberikan
nilai lebih kepada pelanggan sehingga mendapatkan rasa hormat dan kesetiaan
mereka.
C. PROFIL
PERUSAHAAN
1. Sejarah
Perusahaan
Bill Hewlett dan David Packard, keduanya bertemu ketika kuliah di kelas yang sama
yang diajarkan oleh Fred Terman di Stanford.
Dari perkenalan tersebut, di bulan Agustus 1937 mereka berdua kemudian memiliki
niat untuk membuat sebuah perusahaan bersama. Baru pada tahun 1939, Bill
Hewlett dan David Packard akhirnya mendirikan perusahaan Hewlett-Packard (HP) di
garasi rumah Packard dengan modal awal $538.
Dalam buku yang berjudul 'The HP Way', David
Packard menyebutkan bahwa nama Hewlett-Packard
(HP) ditentukan melalui undian koin.
Adapun produk pertama yang dibuat oleh HP
(Hewlett-Packard) adalah Osilator
Frekuensi Audio yang kemudian dibeli oleh Walt Disney Studio yang akan digunakan dalam membuat soundtrack
film Fantasia.
Dari hal tersebut membuat perusahaan
HP (Hewlett-Packard) semakin berkembang, ketika perang dunia kedua berkecamuk,
perusahaan tersebut banyak memproduksi peralatan-peralatan yang digunakan untuk
militer seperti radio, sonar, radar
serta perangkat penerbangan.
Dalam perusahaan HP (Hewlett-Packard), David Packard
berperan dalam manajemen perusahaan
dan juga sebagai ahli administrasi
sementar Bill Hewlett berperan banyak dalam memberikan banyak inovasi teknis.
Memasuki tahun 1947, HP
(Hewlett-Packard) kemudian resmi memiliki berstatus perusahaan dan David
Packard menjadi Presiden dari HP
(Hewlett-Packard). Dan di tahun 1957, HP
(Hewlett-Packard) bekembang pesat sebagai sebuah perusahaan besar dan
melakukan penawaran saham perdananya.
Di tahun 1964, Dave Packard kemudian terpilih menjadi CEO dari HP
(Hewlett-Packard) dan juga sebagai ketua
dewan. Ia kemudian meninggalkan jabatan tersebut pada tahun 1969 karena
David ditunjuk oleh Presiden Nixon
sebagai wakil menteri pertahanan Amerika
Serikat hingga tahun 1971.
Sepeninggal David, Jabatan presiden direktur HP (Hewlett-Packard) kemudian dipegang oleh Bill Hewlett hingga tahun 1977. Ia kemudian menjadi CEO HP (Hewlett-Packard) pada tahun
1968 hingga tahun 1978 setelah itu ia kemudian di gantikan oleh John A. Young.
David
Packard sendiri
setelah selesai menjabat pada tahun 1971 sebagai wakil menteri pertahanan Amerika Serikat, ia kemudian kembali ke
perusahaan HP (Hewlett-Packard) dan
menjadi ketua dewan perusahaan dari
tahun 1972 hingga 1993. Sementara Bill Packard
menjadi ketua komite eksekutif HP (Hewlett-Packard) sampai tahun 1983, dan kemudian menjabat
sebagai wakil ketua dewan sampai
1987.
Sepeninggal Bill Hewlett dan David Packard, hingga saat ini perusahaan HP (Hewlett-Packard) berkembang pesat
menjadi salah satu perusahaan produsen teknologi terbesar di dunia. Produk utamanya adalah komputer dan juga
mesin cetak. Disamping itu perusahaan HP (Hewlett-Packard) juga melayani penjualan perangkat lunak serta
pelayanan jasa teknologi lainnya.
2. Produk
/ core yang dikeluarkan oleh Hp
Hp
merupakan salah satu perusahaan IT dunia yang memproduksi beberapa perangkat
keras komputer dan system untuk komputer, seperti :
a.
Monitor komputer
b.
Kamera digital
c.
Digital Imaging
d.
Komputer pribadi
e.
Printer
f.
Laptop/Notebook
g.
Flashdisk
h.
Hanphone
D. ANALISIS
SWOT
1.
STRENGTHS ( Kekuatan )
a.
Nama merk.
b.
Berbagai produk inovatif.
c.
Mengembangkan hardware dan software
sendiri.
d.
Teknologi web yang digunakan untuk
pengetahuan produk & penjualan.
e.
Kemajuan teknologi.
f.
Branding jelas dan mudah dikenali.
g.
Laboratorium Penelitian Teknologi.
h.
Kesetiaan pelanggan.
i.
Perdagangan internasional.
j.
Merek terkemuka dunia.
k.
Produk Ekstensi.
l.
Perusahaan IT yang lebih besar
(industri Application).
2.
WEAKNESSES ( Kelemahan
)
a.
Kurangnya in-house divisi konsultasi manajemen.
b.
Modal intelektual diremehkan.
c.
Tidak ada investasi agresif dalam
Penelitian dan Pengembangan.
d.
Tidak ada kebijakan retensi orang
yang baik.
e.
Unit pengiriman pasokan.
f.
Integrasi
Segmen Pasar lemah.
g.
Penurunan dalam anggaran Penelitian
dan Pengembangan.
h.
Tidak menggunakan penjualan online.
i.
kontrol internal yang lemah.
j.
Anggaran R & D yang Datar.
3. OPPORTUNITIES ( Peluang )
a. Dalam kuartal pertama 2006, perusahaan mengalami kenaikan penjualan unit sebanyak 28% di seluruh dunia dan memperoleh 26% di Amerika Serikat.
b. Meningkatnya minat konsumen berbelanja produk baru secara besar-besaran.
c. Meningkatnya keinginan konsumen terhadap teknologi dengan berbagai fitur baru.
d. Meningkatnya penggunaan e-commerce.
e. Perusahaan mengambil peran aktif dalam mengembangkan kapasitas pasar baru di seluruh dunia.
4. THREATS ( Ancaman )
a.
Persaingan yang ketat dari produsen
PC lainnya.
b.
Biaya pengalihan tinggi.
c.
Sering mengubah Kebutuhan dan
Perilaku pelanggan.
d.
Perang harga (kartrid tinta).
e.
pesaing baru yang layak.
f.
Meningkatnya persaingan pada
pencitraan dan percetakan.
g.
Teknologi & harga pesaing.
h.
kompatibilitas rendah dengan produk
non HP .
i.
Ketersediaan pengganti.
j.
Cakupan global yang kurang dari
pesaing.
E. ANALISIS
PENULIS
Dari sejarah yang saya baca mengenai
perusahaan HP (Hewlett-Packard). Ini merupakan salah satu perusahaan yang sangat
berperan penting pada masa perang dunia ke-2, dimana perusahaan ini sudah
banyak memproduksi peralatan-peralatan yang digunakan untuk militer seperti Radio, sonar, radar serta perangkat penerbangan. dan juga produk Osilator Frekuensi Audio yang kemudian dibeli oleh Walt Disney Studio yang akan digunakan
dalam membuat soundtrack film Fantasia.
Dari hal tersebutlah kenapa saya
mengangumi perusahaan HP (Hewlett-Packard) dan juga Nama/Merek perusahaan sangat
familiar/terkenal di telinga kita, dimana hasil produknya terus berkembang
pesat, terbukti dari produk-produk yang diproduksi oleh perusahaan HP hingga saat ini.
No comments:
Post a Comment
salam dan bahagia
berkomentarlah bebas boleh kritik, saran dll