Monday, December 11, 2017

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Home Industri "Kripik Singkong"

A.      Ruang Lingkup Lembaga Dan Organisasi
1.    Profil perusahaan
a.    Latar belakang perusahaan
Usaha “KuSuka” yang kami dirikan adalah usaha kecil yang bergerak di bidang produksi makanan ringan yaitu keripik Singkong.
Mengacu pada permintaan makanan ringan enak dan sehat yang sangat besar jumlahnya, membuat usaha keripik singkong  aneka rasa ini menjadi pilihan utama untuk memulai usaha.
Dalam konsep bisnis “KuSuka” tentunya yang akan paling ditekankan adalah kualitas. keripik  tempe yang enak dan lezat  keripik singkong yang sehat bebas kolestrol serta bahan pengawet dan tentunya keripik singkong yang bersih dan higienis. Dengan mengedepankan kebersihan pada saat proses produksi hingga proses pengemasan, yang pada akhirnya akan memberikan rasa aman kepada konsumen.
Selain itu bahan baku yang baik juga sangat menentukan dalam mewujudkan kualitas keripik singkong aneka rasa ini. Adapun yang akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan keripik singkong ini adalah bahan baku singkong yang paling baik kualitasnya. Cara mewujudkannya yaitu dengan bekerjasama dengan petani Singkong.
Seperti pada pepatah “penampilan menentukan kesuksesan”. Usaha “KuSuka” juga memperhatikan hal itu. kemasan keripik singkong akan dibuat semenarik mungkin.

b.    Data  Perusahaan
1.         Nama Perusahaan
KuSuka

2.         Bidang Usaha
Industri Rumahan

3.         Jenis Produk / Jasa
Makanan Ringan

4.         Alamat Perusahaan

5.         Nomor Telepon/Fax
082282247373

6.         Alamat E-mail
Kusuka28@gmail.com

7.          Bentuk Badan Hukum
Usaha Dagang

8.          Mulai Berdiri
28-06-2018

2.    Struktur Manajeman
a.    Struktur Organisasi
 








b.    Gambaran singkat dari fungsi jabatan
1.    Owner adalah pengendali dan pembuat keputusan tertinggi yang menyangkut kelangsungan hidup perusahaan.
2.    Bidang Produksi adalah memproses bahan baku yang telah ada, yaitu tempe.
3.    Bidang Pemasaran adalah Memasarkan keripik tempe hingga ke konsumen.
4.    Bidang administrasi adalah membantu pempinan dalam pengelolaan keuangan serta melaporkan setiap bulan mengenai pemasukan.

c.    Jumlah orang yang dibutuhkan
Bidang produksi                 : 1 orang
Bidang Pemasaran              : 1 orang
Bidang Administrasi          : 1 orang

d.   Pola pengawasan manajerial
1.    Pengawasan dari Dalam (Internal Control).
Pengawasan dari dalam, berarti pengawasan yang dilakukan  oleh Aparat/Unit Pengawasan yang dibentuk di dalam organisasi itu sendiri. 
2.    Pengawasan dari luar organisasi (External Control). 
Pengawasan eksternal (external control) berarti pengawasan yang dilakukan oleh aparat / unit pengawasan dari luar organisasi.






3.    Legalitas Usaha
Jenis legalitas
Nomer
Keterangan
Legalitas pemilik


a.       KTP
3506042602660001

b.      NPWP
31.460.572.6-061.000

Legalitas Perusahaan


a.       Akta pendirian
47

b.      NPWP
66.604.585.1-424.000

c.       Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
101114619445

Legalitas Usaha


a.       SIUP
510/3.5674/P.2.3.4/7913-BPPT


B.       Ruang Lingkup Bisnis
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
1.      Product (Produk)
Produk yang dihasilkan adalah Keripik Singkong. Keripik Singkong merupakan makanan ringan yang memiliki kandungan gizi dan karbohidrat yang cukup baik. Keripik Singkong yang dihasilkan adalah Keripik Singkong dengan kualitas terbaik, dimana dalam proses pembuatannya kami menggunakan bahan baku terbaik dan proses pembuatannya sudah menggunakan peralatan yang modern.
Keunggulan Produk Yang Dimiliki :
·      Description: IMG00366-20121224-1317Bahan baku berkualitas
·      Menggunakan peralatan yang modern
·      Ketebalan produk yang cukup
·      Tekstur yang lembut
·      Rempah-rempah/bumbu-bumbu khas Indonesia
·      Tanpa pengawet atau bahan kimia berbahaya
·      Rasa yang bervariasi (pedas dengan level yang berbeda dan gurih dengan rasa bawang)

2.      Price (Harga)
Harga perbungkus Rp 5.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah

3.      Promotion (Promosi)
Kegiatan Pemasaran Dan Promosi Yang akan kami lakukan
a.    Personal Selling
·      Menawarkan produk ke lingkungan Universitas/Kampus
·      Menawarkan produk ke sekitar lingkungan rumah
Hasil yang akan dicapai, dapat merekrut kantin-kantin Universitas/Kampus, mahasiswa, tetangga sebagai distributor resmi.
b.    Social Media
·      Memasarkan melalui Facebook, Instagram dan Twitter
Hasil yang akan dicapai, banyak pesanan melalui online
c.    Distributor/Jaringan
·      Menjual langsung kepada konsumen
Hasil yang akan dicapai, konsumen merasa puas dengan membeli produk

4.      Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu Yogyakarta , tepatnya dirumah 

5.      Segmentasi Pasar
Target pasar yang kami tuju adalah lingkungan Universitas atau Kampus Se-DIY, Segmen pasar terdiri dari 2 faktor :
1.      Faktor Geografis : Universitas se-DIY
2.      Faktor Demografis
·         Usia                : Semua usia
·         Jenis Kelamin : Pria dan wanita
·         Agama            : Semua agama
Bidikan pasar disekitar Universitas/Kampus tersebut telah direncanakan secara cermat dan matang karena berdasarkan analisa pasar yang ada, sekitar Universitas merupakan ladang yang sangat subur untuk membuka bisnis baru khususnya di bidang makanan ringan. Karena para mahasiswa, baik yang remaja maupun yang dewasa biasanya lebih menyukai makanan ringan sebagai cemilan sehari-hari saat santai serta dapat pula sebagai alternatif makanan ringan sebagai penunda lapar saat perut kosong/tidak sempat sarapan saat beraktivitas dipagi harinya.
6.    Kondisi Pesaing Usaha Sejenis
a.    Strategi Pemasaran
1.    Pengembangan Produk
·    Membuat variasi rasa yang baru seperti rempah-rempah (cengkeh, lada hitam, jahe merah, dll)
Tujuan yang ingin dicapai, agar konsumen tidak merasa bosan dengan rasa yang cenderung homogen.
2.    Pengembangan Wilayah Pemasaran
·      Melakukan penjualan ke lingkungan-lingkungan kantor, rumah makan, cafe, hotel, dll
Tujuan yang ingin dicapai, untuk meningkatkan hasil penjualan.
3.    Kegiatan Promosi
·      Mencari distributor-distributor di seluruh nusantara
Tujuan yang ingin dicapai, agar produk tersalurkan/terjual diseluruh pelosok nusantara

b.    Analisis Pesaing

Pesaing
Keunggulan
Kelemahan
MAICIH
1.   Penjualan produk dengan cara nomaden (berpindah-pindah)
2.         Memiliki banyak varian 10 level
1.         Harga yang relatif tinggi
2.         Menurut para konsumen yang mencoba, produk ini banyak menggunakan penyedap
KARUHUN
1.         Rasa dan keseimbangan bahan-bahan alami
2.         Hasil produk yang bervarian
1.         Bumbu kurang terasa
2.         SDM yang belum terfasilitas dan belum terjamin kesejahteraannya.

C.      Ruang Lingkup Oprasional Produksi
1.      Lokasi Produksi
“Jl. Ksatria no.15, pandeyan, umbulharjo, kota yogyakarta, 55161, indonesia” (Home Industri)

2.      Sumber bahan produksi
Modal awal pemilik usahan KuSuka adalah 11.869.000,-

Bahan Baku

Kebutuhan
Rata-Rata Per Bulan
Sumber dan Nilai
Singkong
30 kg @14.000
Pasar, Rp           420.000
Bahan Tambahan
Kebutuhan
Rata-Rata Per Bulan
Sumber
Cabai
5 kg
Pasar,  Rp          150.000
Masako
5 pcs
Pasar,  Rp            50.000
Sasa
5 pcs
Pasar,  Rp            50.000
Minyak Goreng
4 liter
Pasar,  Rp            22.000
Soda kue
1 kg
Pasar,  Rp            15.000
Plastik
3 kg
Pasar,  Rp            12.000
Total
           Rp.          719.000

Fasilitas Produksi Yang Dimiliki sebagai berikut ;
Fasilitas Produksi
Jumlah
Total Nilai
Kompor
1
250.000
Tabung Gas
1
150.000
Kuali Besar
1
150.000
Codet
1
20.000
Saringan Minyak
1
20.000
Tampah
4
40.000
Baskom besar/ember
4
120.000
Sendok nasi
2
20.000
Timbangan
1
300.000
Pisau
2
30.000
Mesin Pres Plastik
1
250.000
Drum
2
300.000
Total
21
1.650.000

Kapasitas Produksi Rata-Rata Per Bulan
3.000 Bungkus

Biaya Oprasional
Total Nilai Per -bulan
Biaya Listrik
Rp       400.000
Gajih Kariawan
Rp    4.500.000
Promosi
Rp       400.000
Transportasi
Rp       600.000
Total Biaya
Rp 5.900.000

3.    Teknisi operasional produksi
a.    Kupas singkong
b.    Bersihkan singkong yang telah dikupas,
c.    Potong singkong kecil – kecil  memanjang dengan parutan keju,
d.   Setelah itu, goreng semua singkong yang telah dibentuk,
e.    Pada saat menggoreng usahakan jangan sampai singkongnya menyatu,
f.     Setelah semuanya digoreng,siapkan semua bumbu yang telah disediakan dan jangan lupa    semua bumbu yang telah disediakan itu harus sudah lembut/dihaluskan
g.    Dan semua bumbu itu digoreng
h.    Setelah bumbunya siap masukkan singkong yang sudah digoreng, aduk hingga merata
i.      Makanan “Kripik singkong ” siap disajikan
j.      dengan berat bersis 45g per bungkus.

D.      Ruang Lingkup Keuangan
a.    Arus kas dari Oprasional/Cash Flow From Operation.
Contoh untuk arus kas dari oprasional Perusahaan “KuSuka”
Arus Kas dari Oprasional
Bulan ke-1
Bulan ke-2
Bulan ke-3
KAS MASUK

a.    Pendapatan penjualan produk utama
Rp  15.000.000
Rp    15.000.000
Rp    15.000.000
b.    Pendapatan bunga di bank
Rp       200.000
Rp         250.000
Rp         300.000
Total Kas Masuk
Rp  15.200.000
Rp   15.250.000
Rp   15.300.000
KAS KELUAR

a.    Harga Pokok Produksi
Rp       420.000
Rp         420.000
Rp         420.000
b.    Biaya-biaya Oprasional

1.      Biaya tambahan produksi
Rp         299.000
Rp         299.000
Rp         299.000
2.      Biaya Fasilitas Produksi
Rp      1.650.000
Rp         150.000
Rp         150.000
3.      Biaya Listrik
Rp         400.000
Rp         400.000
Rp         500.000
4.      Gajih Kariawan
Rp      4.500.000
Rp      4.500.000
Rp      4.500.000
5.      Promosi
Rp         400.000
Rp         400.000
Rp         400.000
6.      Transportasi
Rp         600.000
Rp         600.000
Rp         600.000
Total Kas Keluar
Rp     8.269.000
Rp     6.349.000
Rp     6.449.000
Saldo Kas dari Oprasional
Tot.kas masuk
Rp  15.200.00,-
Tot.kas keluar
Rp  8.269.000,-
Rp  6.931.000.-
Tot.kas masuk
Rp 15.250.000,-
Tot.kas keluar
Rp   6.349.000,-
Rp  8.901.000,-
Tot.kas masuk
Rp 15.300.000,-
Tot.kas keluar
Rp   6.449.000,-
Rp   8.851.000,-

E.       Manfaat Sosial dan Lingkungan
1.      Daya serap tenaga kerja
Untuk tahap awal pemilik membutuhkan empat orang tenaga kerja dan jika bisnis/usaha ini telah berkembang maka pemilik akan menambah tenaga kerjanya.Untuk mendapatkan karyawan yang berkompeten maka pemilik melihat dari tiga sisi yaitu sisi pertumbuhan, efisiensi, dan stabilitas. Di sisi pertumbuhan , kita akan memantau durasi bekerjanya,tingkat pendidikan dan biaya pelatihan karyawan. Selain itu, tingkat turnover karyawan dan kemampuan meraih pelanggan juga bisa termonitor. Sementara itu dari sisi efisiensi harus dilihat karyawan dengan keahlian tertentu.



2.    Peran pemberdayaan masyarakat sekitar
Disini perusahaan yang akan kami jalani sesuai dengan tujuan dan maafaat salah satunya yang akan berdampak pada masyarakat disekitar adalah dengan berkurang tingkat pengangguran di lingkungan sekitar dan bisa termotivasi untuk membuat suatu lapangan pekerjaan dan Juga berdampak pada petani singkong di lingkungan sekirang yang dapat menumbuhkan perekonomian mereka.

3.      Pengaruh terhadap pembangunan dan lingkungan
Tidak terjadi perubahan yang singnifikat karena perusahaan yang kami jalani adalah perusahaan rumahan atau Home industri sehingga tidak terjadi dampak dari pembangunan.

F.       Analisa SWOT Perusahaan “KuSuka”
1.      Aspek Internal
a.      Strength (kekuatan)
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Desain dan variasi produk
- Harga jual yang relatif murah untuk semua kalangan.
- Mutu produk yang berkualitas alaminya.
- Variasi produk yang memuaskan keinginan konsumen   yang beragam.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
- Promosi yang mengikuti perkembangan zaman seperti Facebook, Twitter, Situs Web.
3.        DISTRIBUSI DAN PERSEDIAAN
    Kecepatan distribusi
    Ketepatan waktu
pengiriman
    Ketersediaan barang
- Kecepatan distribusi produk ini disaat pesaing mulai turun ke populerannya.
- Ketepatan waktu pengiriman sesuai permintaan konsumen.
- Ketersediaan barang, selalu memproduksi kurang lebih 100 bungkus setiap harinya.
4.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi tradisional
- Menggunakan teknologi tradisional tetapi sangat menjaminkan hasil yang baik




b.      Weakness (Kelemahan)
1.        PRODUK
    Desain dan variasi produk
    Pengemasan & label
- Desain produk yang belum menarik konsumen
- Belum ada label halal dan sebagainya
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
- Iklan yang belum dilakukan pada produk ini
3.        ORGANISASI DAN SDM
    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja
- Tingkat pendidikan SDM rendah
- Jumlah tenaga kerja yang masih kurang
- Tenaga kerja masih belum berpengalaman
4.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi tradisional
- Belum menggunakan teknologi modern

2.      Aspek Eksternal
a.      Opportunities (Peluang)
1.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
- Permintaan pasar yang meningkat setiap harinya
-Akses dan informasi pasar yang mudah karena dikalangan anak muda
- Perilaku pasar yang mendukung dan menirima produk dengan baik
2.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
- Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan dengan keahlian di bidangnya masing-masing
3.        BAHAN BAKU
    Fluktuasi harga bahan baku
- Fluktasi harga bahan baku bisa berkurang karena sudah berlangganan
4.        MASYARAKAT SEKITAR
    Sikap masyarakat terhadap produk
- Sikap masyarakat terhadap produk menjadi peluang untuk pemasaran konsumen


b.      Threats (Hambatan)
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis

- Persaingan untuk usaha sejenis seperti Maicih dan Karuhun yang masih merajalela di kalangan anak muda
2.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi
- Tidak adanya dan untuk membeli mesin teknologi modern pada proses produksi
3.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
- Tidak adanya tenaga kerja yang sesuai kebutuhan



1 comment:

salam dan bahagia
berkomentarlah bebas boleh kritik, saran dll

populer post